Langsung ke konten utama

Menanam Jiwa Enterpreneurship Pada Mahasiswa


Mahasiswa pada dasarnya merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari masyarakat terutama di bangsa ini. Ribuan mahasiswa mendaftar setiap tahunnya, hanya ratusan yang diterima dengan catatan bahwa jika seorang mahasiswa tidak dapat beraktivitas dengan baik di kampus berarti telah mendzalimi ratusan kepala keluarga lainnya yang tidak dapat mengkuliahkan anaknya karena kalah bersaing. Artinya bangsa ini kurang lebih bergantung pada mahasiswa-mahasiswa yang lolos itu. 

Setidaknya ada tiga peran penting yang dimiliki oleh setiap individu mahasiswa, yang pertama adalah agent of change kata ini sering kali terngiang-ngian dalam telingan kita ketika mendengar peristiwa tahun 1998. Selanjutnya adalah iron stock merupakan jiwa pembaharu di dalam masyarakat dengan salah satunya menjadi bagian dari masyarakat nantinya. Dan terakhir adalah society control merupakan peran yang menjadikan seorang mahasiswa harus dapat memahami dengan baik untuk menjadi seorang yang solutif.

Melihat peran-peran yang dimilki seorang mahasiswa, haruslah ada suatu tindakan nyata untuk membangun negri ini. Menurut penelitian kegiatan entrepreneurship di Indonesia ini masih di bawah angka 1%, dan itu masih tergolong minim namun mencukupi jika saja dapat ditingkatkan hingga mencapai angka 2% saja dalam berenterpreneurship pendapatan bangsa ini akan maksimal dan kemakmuran akan tercapai. Melihat data statistik tersebut tentu menjadi renungan sendiri bagi seorang mahasiwa untuk dapat memulai menanamkan jiwa enterpeneurship dalam dirinya. Sesuai dengan tiga peran pokok sebagai mahasiswa, haruslah mahasiswa sadar akan fungsinya untuk tidak hanya mensejahterakan dirinya sendiri setelah lulus kuliah, namun ada beban moral untuk menyejahterakan bangsa ini. Saya menyebutnya dengan “responsibilitas tingkat tinggi”. Dalam hal ini ada beberapa hal yang dapat diperhatikan seorang mahasiswa ketika mau memulai untuk ber-enterpreneurship, yaitu:

Komitmen
Kenapa saya letakan disini karena ini merupakan hal yang sangat fundamental ketika kita mau melakukan sesuatu. Ketika kita memiliki niat yang kuat dan alas an besar ketika menemui rintangan akan dapat dengan mudah kita lewati.
Memiliki Mimpi
Mimpi merupakan hal yang tidak dapat kita pisahkan dari kehidupan, sejatinya setiap saat kita pasti bermimpi untuk dapat selalu maju kedepan dan lebih baik dari sebelumnya. Hal ini menjadi acuan bagi mahasiswa untuk bermimpi menyejahterakan bangsa ini.
Survey Lapangan
Langkah ini harus dapat kita lakukan dengan baik, kita harus mencermati produk apa yang akan kita buat, dan apa daya tarik serta manfaatnya bagi masyarakat. Serta segmen konsumen yang akan menjadi target produk kita.
Buat Rencana
Rencana haruslah dilakuakan dengan benar-benar detail, sehingga tidak ada satu langkah pun yang kita lewati ketika akan mulai berbisnis. Haruslah ada lebih dari satu rencana yang kita buat untuk kelangsungan bisnis tersebut.
Tertib Anggaran
Merupakan hal yang kebanyakan seorang entrepreneurship lupa untuk evaluasi, terutama seorang mahasiswa yang tidak terbiasa untuk mengatur arus keuangan, dalam hal ini harus benar-benar terpisah, mana uang modal, mana uang pribadi, mana uang hasil, dan mana uang yang akan menjadi bahan pengembangan produk.


Sekian mengenai penanaman jiwa entrepreneurship pada mahasiswa, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi seluruh jiwa di bangsa ini.

Bangsa yang besar bukan hanya sekedar bendera yang berkibar atau tentang suara yang lantang. Lebih dari itu . . . - luckirachman

Postingan populer dari blog ini

Seseorang Bayar Zakat di Lembaga Ini. Kamu Tidak Akan Percaya Apa yang Terjadi dengan Uangnya!

Membayar zakat merupakan hal yang seringkali kita lakukan sebagai umat Muslim terutama dibulan suci Ramadhan. Tentu sebagai seorang muslim yang taat kepada Allah serta Rasul kita perlu memahami penting dan dampaknya membayar zakat bagi kehidupan kita. Zakat sendiri merupakan konsep penting dalam kehidupan seorang muslim dan menjadi bagian dari rukun Islam. Zakat memliki peran yang sangat penting dalam keuangan muslim baik secara pribadi maupun umat. Ketika seseorang membayar zakat atas harta pada umumnya dilakukan karena harta yang telah Ia miliki selama setahun dan telah mencapai batas / haul untuk menunaikan zakat. Hukum untuk membayar zakat adalah wajib / fardhu’ain bagi yang mampu. Tidak ada paksaan membayar zakat bagi yang belum mampu, dalam hal ini yang dimaksud adalah zakat maal. Sedangkan untuk zakat fitrah setiap umat muslim wajib membayar zakat sesuai dengan perhitungan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama. Zakat fitrah yang dilakukan setahun sekali selama bulan Ramad

Kembalikan nilai-nilai Asramaku seperti dulu…

Asslamualaikum wr wb,, Kembali lagi kita mengingat masa, masa dimana semua terasa susah. Hidup ini menjadi beban yang sangat berat untuk dipikul, untuk dihadapi, bahkan untuk menatap matahari menyongsong pagi pun terasa menyakitkan. Banyak orang berkata, tenang kawan hidup ini berputar adakalanya kita di atas adakalanya kita dibawah mengingatkanku, dia memberikan sepotong ilmu untuk ku bawa hidup. Lalu ada yang berkata ngapain di ambil susah? gitu aja rempong !, hatiku tersentak mendengar kata-kata yang selama ini rasanya belum pernah aku dengarkan. Terasa begitu cepat waktu berlalu, aku sebelumnya merasa bahwa aku dikelilingi oleh orang-orang yang kerjanya hanya berkeluh kesah, mendapati hidup ini sebatas permainan dimuka saja, mendapati hidup ini adalah kesenangan abadi, bahkan mendapati tujuan hidup ini adalah uang. Sempat aku terfikir untuk berhenti mengejar matahari, mengejar impianku, mengubur semua yang tak mau kuhadapi, mencari jalan pintas untuk kesenangan duniawi!!!T