Langsung ke konten utama

Komponen-komponen PC




Komponen-komponen dalam PC
 
1. Motherboard : Merupakan sebutan bagi tempat rangkaian seluruh komponen menempel.
2. Harddisk (primary/slave) : Merupakan salah satu alat penyimpanan data,dll disebut juga ROM, sebagai primary atau slave nya tergantung dari aturan jumper pada HDD.
3. RAM : Merupakan tempat penyimpanan yang sifatnya sementara ketika PC menyala.
4. Power supply : Merupakan perangkat yang berfungsi sebagai sumber arus bagi rangkaian PC dalam motherboard,harddisk,floppydisk,dll.
5. Kabel Power : Merupakan kabel yang menghubungkan antara power supply dengan motherboard.
6. Kabel ATA
7. Kabel SATA
8. Batre C-Mos : Baterai CMOS (disebut juga CMOS RAM atau hanya CMOS) adalah sebuah baterai yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik. Salah satu kegunaannya untuk mengaktifkan dan menjalankan fungsi jam, serta menyimpan setting BIOS, dan umumnya memakai baterai kancing (Baterai bulat yang pipih, diameter dan ketebalannya bervariasi).
9. Processor : Adalah transistor yang banyak dan merupakan otaknya computer untuk menyelesaikan suatu masalah menggunakan biner digit mengolahnya.
10. Heatsink : Adalah perangkat yang berfungsi sebagai pendingin ketika PC mneyala,pada umumnya saat ini terletak di atas processor juga di motherboard langsung sendiri.
11. Fan : Fungsinya sama seperti heatsink,namun ini biasanya menempel pada cashing PC.
12. Thermal Paste : Merupakan salah satu alat untuk meratakan permukaan ,semisal jika processor dan di atasnya diletakan heatsink diantara processor dan heatsink di pakaikan thermal paste juga untuk menyalurkan panasnya.
13. Slot CNR : Communication and Networking Riser, Komunikasi dan Jaringan Riser (CNR) adalah slot ditemukan pada motherboard PC tertentu dan digunakan untuk jaringan khusus, audio, dan peralatan telepon. Sebuah produsen motherboard dapat memilih untuk menyediakan audio, jaringan, atau fungsi modem dalam kombinasi apapun pada kartu CNR. Slot CNR pernah biasanya ditemukan di motherboard Pentium 4-kelas, tetapi sejak bertahap untuk memenangkan on-board atau komponen tertanam.
14. Slot RAM : Merupakan tempat bagi RAM menempel pada motherboard.
15. Slot PCI : Peripheral Component Interconnect ,merupakan tempat multifungsi bagi VGA card, TV card, Sound card,dll menempel pada motherboard.
16. Chip North Bridge : Letaknya di bagian bawah processor juga dibawah heatsink, berfungsi sebagai pengontrol untuk komponen yang kinerjanya berat.
17. Chip South Bridge : Letaknya dibagian selatanh dari motherboard,dengan patokan processor sebagai utaranya. Berfungsi sebagai pengontrol untuk komponen yang kinerjanya ringan.
18. Pin : Merupakan tempat bagi tombol power,USB,sound,dll. Dengan kabel male-female.
19. Jumper : Merupakan alat yang berfungsi mengatur, atau bias disebut mengkonsletkan aliran listrik pada pin atau pun pada pengaturan HDD.
20. Socket FDD : Merupakan tempat bagi kabel floppy disk menempel pada harddisk.
21. Socket HDD : Merupakan tempat bagi kebel harddisk berupa ATA ataupun SATA menempel pada motherboard.
22. ALC Chip : Merupakan chip audio, yang berfungsi sebagai pengontrol tipe data yang disalurkan ke audio sound.
23. RTL Chip : Disebut juga LAN controller, berfungsi pengontrol paket data berupa jaringan.
24. ICH4 : Integrated Controller Host, ini juga disebut sebagai VGA yang on board. Berfungsi mengontrol VGA, contoh komunikasi dengan RAM,dll.
25. Capasitor (umum & solid) : Sebagai penyimpan muatan arus listrik, sehingga ketika listrik mati mendadak capasitor akan mengalirkan muatan listrik pada motherboard agar tidak rusak.
26. Oscilator : Berfungsi sebagai penentu clock pada tegangan, 1clock=1kali kerja.
27. Konduktor Solenoida (biru)
28. Konduktor Toroida
29. VGA : singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
30. Buzzer (Suara Bip) : Sebuah buzzer atau pager adalah perangkat sinyal audio, yang mungkin mekanik, elektromekanik, atau piezoelectric. Menggunakan Khas buzzers dan beepers termasuk alarm, timer dan konfirmasi dari masukan pengguna seperti klik mouse atau keystroke.

Tambahan

1. Slot : Lobang, celah, petak, tempat. Tempat menaruh perangkat-perngakat tambahan periferal pada motherboard.Tempat untuk menaruh perangkat-perangkat tambahan periferal pada motherboard. Misalnya slot AGP untuk kartu grafis, slot ISA dan slot A (untuk processor AMD K6-2)n atau slot 1 untuk processor Intel Pentium II.
2. Socket : adalah tempat dudukan prosesor pada motherboard. Dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada prosesor.
3. Port : adalah koneksi yang terletak di luar unit sistem sebagai tempat kabel-kabel yang berbeda ditancapkan. Selama ini kita biasanya memanfaatkan port-port tersebut untuk mentransmisikan data.
4. Thread : merupakan kemampuan yang disediakan oleh Java untuk membuat
aplikasi yang tangguh, karena thread dalam program memiliki fungsi dan tugas
tersendiri. Dengan adanya thread, dapat membuat program yang lebih efisien dalam
hal kecepatan maupun penggunaan sumber daya, karena kita dapat membagi proses
dalam aplikasi kita pada waktu yang sama. Thread umumnya digunakan untuk
pemrograman multitasking, networking, yang melibatkan pengaksesan ke sumber
daya secara konkuren.
5. Clock : Adalah suatu denyutan yang berfungsi agar proses singkron antara satu dengan lainnya.Sumber utama dari pulsa elektronik komputer. Clock digunakan untuk menyamakan operasi semua elemen komputer.Pada komputer juga terdapat clock (denyutan) seperti halnya yang terdapat pada jam kristal umumnya. Clock inilah yang mengatur koordinasi operasi antar chip. Clock pada komputer sering digunakan sebagai dasar perhitungan berapa jumlah instruksi yang dapat dilaksanakanannya mengacu dalam hitungan detik.Satu hal yang menarik mengenai clock komputer ini adalah peningkatannya clock rate (jumlah clock) yang cukup tajam dari waktu ke waktu.
6. Oscilator : sebuah rangkaian elektronika yang dapat menghasilkan keluaran gelombang yang berubah-ubah secara periodik terhadap waktu. Gelombang yang di hasilkan oleh osilator bisa berupa gelombang sinusoida, gelombang persegi, gelombang pulsa, gelombang segitiga atau gelombang gigi gergaji.
7. RISC : RISC (Reduce Instructions Set Computer). Adalah Prosesor tersebut memiliki set instruksi program yang lebih sedikit. Karena perbedaan keduanya ada pada kata set instruksi yang kompleks atau sederhana (reduced). Mesin RISC memerlukan memori yang lebih besar untuk mengakomodasi program yang lebih besar. Perbedaan mencolok dari kelahiran RISC ini adalah tidak ditemui pada dirinya instruksi Assembly atau yang dikenal dengan Bahasa Mesin sedangkan itu banyak sekali di jumpai di CISC.
8. CISC : CISC (Complex Instructions Set Computer). Dimana prosesor tersebut memiliki set instruksi yang kompleks dan lengkap. CISC sendiri adalah salah satu bentuk arsitektur yang menjalani beberapa instruksi dengan tingkat yang rendah. Misalnya intruksi tingkat rendah tersebut yaitu operasi aritmetika, penyimpanan-pengambilan dari memory.CISC memang memiliki instruksi yang complex dan memang dirasa berpengaruh pada kinerjanya yang lebih lambat. CISC menawarkan set intruksi yang powerful, kuat, tangguh, maka tak heran jika CISC memang hanya mengenal Bahasa Asembly yang sebenarnya ia tujukan bagi para Programmer.

Postingan populer dari blog ini

Seseorang Bayar Zakat di Lembaga Ini. Kamu Tidak Akan Percaya Apa yang Terjadi dengan Uangnya!

Membayar zakat merupakan hal yang seringkali kita lakukan sebagai umat Muslim terutama dibulan suci Ramadhan. Tentu sebagai seorang muslim yang taat kepada Allah serta Rasul kita perlu memahami penting dan dampaknya membayar zakat bagi kehidupan kita. Zakat sendiri merupakan konsep penting dalam kehidupan seorang muslim dan menjadi bagian dari rukun Islam. Zakat memliki peran yang sangat penting dalam keuangan muslim baik secara pribadi maupun umat. Ketika seseorang membayar zakat atas harta pada umumnya dilakukan karena harta yang telah Ia miliki selama setahun dan telah mencapai batas / haul untuk menunaikan zakat. Hukum untuk membayar zakat adalah wajib / fardhu’ain bagi yang mampu. Tidak ada paksaan membayar zakat bagi yang belum mampu, dalam hal ini yang dimaksud adalah zakat maal. Sedangkan untuk zakat fitrah setiap umat muslim wajib membayar zakat sesuai dengan perhitungan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama. Zakat fitrah yang dilakukan setahun sekali selama bulan Ramad

Kembalikan nilai-nilai Asramaku seperti dulu…

Asslamualaikum wr wb,, Kembali lagi kita mengingat masa, masa dimana semua terasa susah. Hidup ini menjadi beban yang sangat berat untuk dipikul, untuk dihadapi, bahkan untuk menatap matahari menyongsong pagi pun terasa menyakitkan. Banyak orang berkata, tenang kawan hidup ini berputar adakalanya kita di atas adakalanya kita dibawah mengingatkanku, dia memberikan sepotong ilmu untuk ku bawa hidup. Lalu ada yang berkata ngapain di ambil susah? gitu aja rempong !, hatiku tersentak mendengar kata-kata yang selama ini rasanya belum pernah aku dengarkan. Terasa begitu cepat waktu berlalu, aku sebelumnya merasa bahwa aku dikelilingi oleh orang-orang yang kerjanya hanya berkeluh kesah, mendapati hidup ini sebatas permainan dimuka saja, mendapati hidup ini adalah kesenangan abadi, bahkan mendapati tujuan hidup ini adalah uang. Sempat aku terfikir untuk berhenti mengejar matahari, mengejar impianku, mengubur semua yang tak mau kuhadapi, mencari jalan pintas untuk kesenangan duniawi!!!T