Langsung ke konten utama

Educating Sex For Brighter Education

Ketika pertama kali kamu mendengar kata ‘SEX’ pertama kali, kebanyakan orang yang muncul dalam fikirannya adalah bayangan tentang kegiatan yang biasa dilakukan oleh sepasang suami-istri. Namun apakah tahu teman-teman bahwa arti itu tidak mengarah kesana? ‘SEX’ itu merupakan hal yang mengarah kepada pemahaman ‘jenis kelamin’(gender), intinya adalah ‘pembedaan’. Dan pembedaannya mengarah lebih ke arah kepribadian, prilaku, dan sosial, tentunya bukan mengarah kepada hal yang fisik. Nah kata ‘Education’ sendiri yang arti secara bahasa adalah pendidikan, jika digabungkan kedua kata tadi memilki makna yang lebih mendalam, yaitu ‘Pendidikan Mengenai Gender’ .
Menurut kuisioner yang saya buat untuk 50 responden, dengan segmen remaja dan dewasa tingkat Universitas dan SMA, data tersebut dari tiga Universitas, yaitu UPI, UNPAD, dan ITB, serta siswa SMA yang semua data diambil secara random. Menunjukan angka yang cukup mengejutkan menurut saya. Dari 50 responden, 36 orang tidak tahu arti sex sebenarnya, dan hanya 14 orang yang mengetahui. Dan dalam hal yang memegang peran penting akan hal tersebut, dari yang terbesar 44% diri sendiri, 37% orang tua, 30% tenaga pendidik, dan 8% pemerintah.
Ketidakpahaman mereka mengenai ‘sex’ itu sendiri telah membawa bencana bagi negri ini tercatat di Bandung sendiri sudah ada ratusan kasus mengenai pelecehan seksual yang biasanya terjadi pada wanita, dengan segala modus yang baru. Di beberapa Negara hal tersebut telah menjadi kasus bangsa, karena kebanyakan remaja disana dikatakan tidak mau menikah bahkan sampai usia tua, hingga adanya krisis generasi yang mengakibatkan kepunahan bangsa itu sendiri.
                Di pemaparan essay kali ini saya memiliki beberapa solusi mendasar, ide yang ingin disampaikan untuk setidaknya mengurangi beban masyarakat di daerahnya karena banyaknya remaja yang tidak paham akan gendernya sehingga banyak pula kasus kejahatan yang lama-kelamaan di pandang biasa, tragis! Ide ini dihimpun dari berbagai pengalaman hidup dan pencerahan dari negara kecil namun pendidikannya nomor satu di dunia, ‘Finlandia’. Jadi ide saya ini yang akan di paparkan menjadi beberapa point, untuk setiap segmennya, yaitu :
1.       Sebagai orang tua tidak menganggap tabu lagi kata ‘sex’ untuk digunakan dan jangan pernah menghindari pertanyaan tersebut.
2.       Adanya pendidikan tiap segmen baik secara institusi formal maupun non-formal, dengan mengubung-hubungkan pelajaran tersebut dengan maknanya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun untuk tingkat SD, dibuatkannya sebuah media pembelajaran, tingkat SMP, diberi metode diskusi, dan untuk tingkat SMA  diberi tugas studi kasus ke lapangan.
3.       Serta adanya MENTORING, merupakan pemberian pemahaman, kajian, diskusi, evaluasi, bahkan pencegahan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya diarahkan lebih kearah bagaimana agama Islam mengajarkan kita hidup berprilaku menjadi diri sendiri di dalam masyarakat. Teknisnya ada seorang mentor (evaluator) dan ada mentee (adik tutor). Untuk pertemuannya ditentukan oleh masing-masing kelompok. Untuk mentornya biasanya untuk SD, kemungkinan besar orang tua lah yang lebih berperan, namun untuk tingkat SMP dan SMA, anak-anak difasilitasi oleh DKM di sekolahnya.
4.       Diwajibkan Masuk organisasi kerohanian, karena sadar atau tidak pembentuk karakter sesungguhnya adalah pendidikan mengenai rohani itu sendiri. Kita sering mendengar bahwa mereka kurang iman, dsb. Karena keimanan itu dicari bukan diberi, maka sering-seringlah beribadah yang rajin dengan evaluasi perminggunya.

Postingan populer dari blog ini

Seseorang Bayar Zakat di Lembaga Ini. Kamu Tidak Akan Percaya Apa yang Terjadi dengan Uangnya!

Membayar zakat merupakan hal yang seringkali kita lakukan sebagai umat Muslim terutama dibulan suci Ramadhan. Tentu sebagai seorang muslim yang taat kepada Allah serta Rasul kita perlu memahami penting dan dampaknya membayar zakat bagi kehidupan kita. Zakat sendiri merupakan konsep penting dalam kehidupan seorang muslim dan menjadi bagian dari rukun Islam. Zakat memliki peran yang sangat penting dalam keuangan muslim baik secara pribadi maupun umat. Ketika seseorang membayar zakat atas harta pada umumnya dilakukan karena harta yang telah Ia miliki selama setahun dan telah mencapai batas / haul untuk menunaikan zakat. Hukum untuk membayar zakat adalah wajib / fardhu’ain bagi yang mampu. Tidak ada paksaan membayar zakat bagi yang belum mampu, dalam hal ini yang dimaksud adalah zakat maal. Sedangkan untuk zakat fitrah setiap umat muslim wajib membayar zakat sesuai dengan perhitungan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama. Zakat fitrah yang dilakukan setahun sekali selama bulan Ramad

Kembalikan nilai-nilai Asramaku seperti dulu…

Asslamualaikum wr wb,, Kembali lagi kita mengingat masa, masa dimana semua terasa susah. Hidup ini menjadi beban yang sangat berat untuk dipikul, untuk dihadapi, bahkan untuk menatap matahari menyongsong pagi pun terasa menyakitkan. Banyak orang berkata, tenang kawan hidup ini berputar adakalanya kita di atas adakalanya kita dibawah mengingatkanku, dia memberikan sepotong ilmu untuk ku bawa hidup. Lalu ada yang berkata ngapain di ambil susah? gitu aja rempong !, hatiku tersentak mendengar kata-kata yang selama ini rasanya belum pernah aku dengarkan. Terasa begitu cepat waktu berlalu, aku sebelumnya merasa bahwa aku dikelilingi oleh orang-orang yang kerjanya hanya berkeluh kesah, mendapati hidup ini sebatas permainan dimuka saja, mendapati hidup ini adalah kesenangan abadi, bahkan mendapati tujuan hidup ini adalah uang. Sempat aku terfikir untuk berhenti mengejar matahari, mengejar impianku, mengubur semua yang tak mau kuhadapi, mencari jalan pintas untuk kesenangan duniawi!!!T