Langsung ke konten utama

Alhamdulillah DRR Youth Exchange Program BDSG-WASEND 2013/2014



Alhamdulillah pada kali ini saya berhasil menjadi salah satu kandidat Homestay Buddy, semacam kayak P2M (Pengabdian Pada Masyarakat), namun yang membedakannya kita akan Homestay bersama-sama dengan orang Jepang, perwakilan dari Waseda University, dengan nama unit organisasi WASEND. Alhamdulillah nanti saya akan menjadi buddy  dari sahabat jepang itu untuk menemani dalam program DRR ini, yaitu Disaster Risk Reduction artinya usaha untuk Pengurangan Resiko Bencana.


Nah acaranya di adakan di Yogyakarta, dari tanggal 11 september 2013 hingga 17 september 2013, alhamdulillahnya saya dapat mencoret salah satu list impian dari hidup saya yaitu untuk NAIK KERETA API...yeyeyeyyeyeahhhhhh dan alhamdulillah untuk program kali ini kita mendapat biaya tanggungan transportasi dan insya Allah semoga ada sponsor yang dapat menanggung biaya hidup saya disana, insya Allah dari salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat terbesar se-Indonesia, yaitu Dompet Dhuafa Jawa Barat, semoga proposal yang saya berikan dapat diterima dengan baik.

Apa itu homestay buddy?
Homestay buddy adalah pendamping para peserta DRR Youth Exchange Program dari Universitas Waseda Jepang, Wasend. Homestay buddy akan tinggal bersama anggota Wasend di host family yang telah disiapkan. Mereka bertugas sebagai penghubung antara anggota Wasend dengan host family dalam kegiatan DRR. Homestay buddytidak bertugas sebagai penerjemah melainkan ikut berpartisipasi aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan DRR Exchange Program di Yogyakarta.

Apa saja kegiatan selama Yogyakarta?
Kegiatan berlangsung selama 6 hari antara lain:
  • Identifikasi kerentanan dan kapasitas rumah terhadap bencana.
  • Kunjungan dan diskusi dengan institusi dan komunitas kebencanaan.
  • Sesi pendidikan bencana di sekolah dasar.
  • Pengalaman pertukaran budaya.

Program ini di naungi oleh BDSG (Bandung Disaster Study Group), yaitu ;

are a group of youths in Bandung who have concerns about disaster and climate changehave passion to contribute to communities around Bandunghave passion to learn about disaster risk reduction and climate changelove to learn in a fun wayshare our knowledge with others.
BDSG was established in 2010 with the intention to support the efforts of disaster risk reduction and rapid climate change prevention in communities in Bandung, Indonesia. We train ourselves by having knowledge sharing sessions among the members. 
BDSG bridges knowledge and action in disaster risk reduction.

Namun saya mengalami sedikit masalah, Alhamdulillah saya baru mendapat info lolos untuk seleksi xlfutureleaders, namun telat mengkonfirmasi dari email karena memang jarang membuka email tersebut, semoga bisa di lancarkan yah sahabat bloggerku!

Mohon do'a nya dalam proyek manusia untuk pembangunan INDONESIA ku yang lebih baik lagi dan lagi.. 

Postingan populer dari blog ini

Kembalikan nilai-nilai Asramaku seperti dulu…

Asslamualaikum wr wb,, Kembali lagi kita mengingat masa, masa dimana semua terasa susah. Hidup ini menjadi beban yang sangat berat untuk dipikul, untuk dihadapi, bahkan untuk menatap matahari menyongsong pagi pun terasa menyakitkan. Banyak orang berkata, tenang kawan hidup ini berputar adakalanya kita di atas adakalanya kita dibawah mengingatkanku, dia memberikan sepotong ilmu untuk ku bawa hidup. Lalu ada yang berkata ngapain di ambil susah? gitu aja rempong !, hatiku tersentak mendengar kata-kata yang selama ini rasanya belum pernah aku dengarkan. Terasa begitu cepat waktu berlalu, aku sebelumnya merasa bahwa aku dikelilingi oleh orang-orang yang kerjanya hanya berkeluh kesah, mendapati hidup ini sebatas permainan dimuka saja, mendapati hidup ini adalah kesenangan abadi, bahkan mendapati tujuan hidup ini adalah uang. Sempat aku terfikir untuk berhenti mengejar matahari, mengejar impianku, mengubur semua yang tak mau kuhadapi, mencari jalan pintas untuk kesenangan duniawi!!!T

Seseorang Bayar Zakat di Lembaga Ini. Kamu Tidak Akan Percaya Apa yang Terjadi dengan Uangnya!

Membayar zakat merupakan hal yang seringkali kita lakukan sebagai umat Muslim terutama dibulan suci Ramadhan. Tentu sebagai seorang muslim yang taat kepada Allah serta Rasul kita perlu memahami penting dan dampaknya membayar zakat bagi kehidupan kita. Zakat sendiri merupakan konsep penting dalam kehidupan seorang muslim dan menjadi bagian dari rukun Islam. Zakat memliki peran yang sangat penting dalam keuangan muslim baik secara pribadi maupun umat. Ketika seseorang membayar zakat atas harta pada umumnya dilakukan karena harta yang telah Ia miliki selama setahun dan telah mencapai batas / haul untuk menunaikan zakat. Hukum untuk membayar zakat adalah wajib / fardhu’ain bagi yang mampu. Tidak ada paksaan membayar zakat bagi yang belum mampu, dalam hal ini yang dimaksud adalah zakat maal. Sedangkan untuk zakat fitrah setiap umat muslim wajib membayar zakat sesuai dengan perhitungan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama. Zakat fitrah yang dilakukan setahun sekali selama bulan Ramad